Definisi Epidemiologi

Definisi Epidemiologi

Kata epidemiologi berasal dari kata Yunani epidemi , yang berarti  menimpamasyarakat. Jadi pada awalnya minat para epidemiolog adalah melakukan investigasi epidemi dan bagaimana mengatasinya.
Pada tahun 1970 MacMahon dan Pugh mendefinisikan epidemiologi sebagai berikut:
      Epidemiologi mempelajari penyebaran dan penentu dari frekwensi penyakit pada manusia. (Epidemiologi is the study of the distribution and determinants of disease frequency in man ). (Macmahon andPugh,1970). Definisi ini menekankan pada penyelidikan distribusi penyakit pada manusia dan faktor-faktor penentunya. Dalam perkembangannya lingkup epidemiologi meluas sehingga meliputi bidang kesehatan lainnya. Hal ini umpamanya tampak dari definisi berikut :
       Epidemiologi mempelajari penyebaran dan penentu dari keadaan-keadaan dan peristiwa yang berkaitan dengan kesehatan dalam suatu populasi tertentu dan penerapannya dari hasil-hasil studi tersebut  untuk penanggulagan masalah-masalah kesehatan. (Epidemiologi is the study of the disdtribution and determinans of healthrelated states and events in defined populations and the application of this study to the
control of health problems). (Last, 1988).
Jelas kiranya bahwa lingkup epidemiologi  menurut definisi Last lebih luas dari pada menurut definisi MacMahon yang disebut pertama tadi. Tidak hanya mempelajari distribusi dan faktor-faktor penentu dari penyakit-penyakit saja tetapi meliputi segala macam persoalan kesehatan, termasuk juga evaluasi program-program pelayanan kesehatan.
Yang dimaksud dengan  penyebaran peristiwa (penyakit dan masalah kesehatan) adalah distriibution, yaitu dimana orang sakit atau peristiwa sakit diklasifikasikan menurut berbagai variabel. Variabel-variabel ini biasanya dikelompkkan dalam tiga variabel utama yang berkaitan dengan ORANG (sifat-sifat yang mengalami), TEMPAT (sifat-sifat tempat terjadi) dan WAKTU (waktu, musim dan sifat-sifat lain yang berkaitan dengan waktu kejadian). Bagian epidemiology ini sering disebut sebagai epidemiologi deskriftif. Dan hasilnya pada umumnya dapat dipakai menyusun hipetesis dan hipotesis ini diuji dalam penelitian epidemiologi analitik.

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Joang Mahendra Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger